Lapang Peluang Kerja Teknik Informatika dengan Prospek Menjanjikan

 

Di berbagai media massa, kamu akan sangat mudah menemui iklan peluang kerja teknik informatika untuk tingkat pendidikan S1 maupun S2. Banyaknya peluang kerja untuk lulusan jurusan teknik informatika ini membuat jurusan ini mempunyai banyak sekali peminat. Di berbagai universitas ternama seperti Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Padjajaran, dan deretan universitas ternama lainnya, jurusan teknik informatika memiliki passing grade yang tinggi. Calon mahasiswa yang berminta dengan program ini harus bersaing dengan ketat agar berhasil mengalahkan saingannya.

Luas Peluang Kerja Teknik Informatika

Sebelum mebahas lebih lanjut mengenai peluang kerja teknik informatika, terlebih dahulu anda harus mengetahui mengenai apakah teknik informatika itu. Informatika adalah ilmu yang mengkaji mengenai perangkat, sistem alat, untuk menyampaikan, meyebarkan, maupun mendistribusikan informasi. Kata kunci dari teknik informatika adalah mengenai informasi. Fokus dari kajian teknik informatika adalah cara menghasilkan informasi tersebut. Jadi, informatika merujuk pada perangkat untuk menghasilkan informasi yaitu berbagai jaringan dan telekomunikasi, misalnya komputer. Pada era globalisasi ini perkembangan teknologi informatika sangat pesat, sehingga bidang ini pun banyak dibutuhkan dalam lapangan pekerjaan.

Selanjutnya akan dibahas mengenai peluang kerja sarjana teknik informatika yang sangat prospektif. Profesi pertama adalah programmer, dapat dikatakan sebagai peluang kerja teknik informatika yang paling banyak ditemui. Pada dasarnya, sarjana lulusan teknik informatika sangat identik dengan kemampuan pembuatan program. Perangkat lunak pada komputer merupakan program yang dapat dikembangkan oleh lulusan teknik informatika. Berbagai instansi membutuhkan programmer handal, misalnya pertelevisian, industri, media, perbankan, pemerintahan, sekolah, dan masih banyak lagi. Programmer merupakan salah satu profesi dengan prospek masa depan yang cerah untuk sarjana teknik informatika.

Besar Peluang Kerja Teknik Informatika

IT Consultant atau konsultan TI merupakan peluang kerja teknik informatika selanjutnya yang memiliki prospek baik di masa depan. Seseorang yang mendalami seluk beluk dunia Teknologi Informasi akan memahami berbagai teori dan bahasa pemrogaman. Ia juga akan memiliki kemampuan mumpuni untuk membuat berbagai program komputer yang sangat canggih. Oleh karena itu, sarjana teknik informatika dapat menggeluti profesi konsultan TI. Profesi yang satu ini dapat membuat lulusan TI dapat mengaplikasikan ilmunya secara nyata untuk kemajuan organisasi. Ia dapat merancang, mengimplementasikan, serta mengevaluasi penerapan teknologi informasi di dalam suatu organisasi.

Salah satu lowongan kerja TI yang banyak ditawarkan adalah sebagai web administrator atau web engineer. Perkembangan teknologi informasi membuat berkembang juga website di dunia maya. Website ini menjadi suatu media untuk penyampaian informasi melalui internet. Untuk dapat membuat website, seseorang harus mendalami berbagai rincian teori pemrograman, yang tentu saja dikuasai oleh sarjana teknik informatika. Profesi web administrator atau web engineer bertugas untuk merancang website dengan basis fitur, domain, dan berbagai layanan di dalamnya. Selain itu, profesi yang menjadi peluang kerja teknik informatika prospektif ini bertugas untuk mengembangkan dan memelihara website di suatu organisasi.

Untuk profesi keempat adalah system integrator atau system analyts. Profesi yang satu ini masih berkaitan dengan pemrograman komputer. Tugas dari seorang system integrator adalah menganalisis suatu sistem dan program berbasis teknologi informatika yang dimiliki oleh suatu organisasi atau perusahaan. Setelah melakukan analisis, selanjutnya seorang system integrator dapat menemukan solusi dari permasalahan tersbeut. Solusi tersebut berupa pengembangan atau perbaikan dari perangkat lunak atau software yang dianalisi. Tentunya untuk menjalani profesi ini seseorang harus memiliki kualifikasi yang tinggi di bidang teknik informatika. Demikian beberapa peluang kerja teknik informatika yang sangat menjanjikan dalam hal karir dan gaji.

Jika anda merupakan lulusan teknik informatika dan ingin mencari kerja, tak ada salah nya anda menunjungi website ini : www.carikerja.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *